Selasa, 10 Januari 2017

Apa manfaat ISO 9001 bagi bisnis atau organisasi ?


ISO 9001 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu yang membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Apa manfaat ISO 9001 bagi bisnis atau organisasi ?

Menerapkan sistem manajemen mutu akan membantu Anda:
    Menilai konteks keseluruhan organisasi untuk menentukan siapa yang berpengaruh terhadap pekerjaan dan apa yang mereka harapkan dari perusahaan. Hal ini akan memungkinkan untuk mengidentifikasi bisnis baru atau sebuah peluang.
    Secara konsisten memenuhi kebutuhan dan bahkan melebihi dari apa yang diharapkan oleh pelanggan. Hal ini menjadi sebab organisasi mendapat pelanggan baru dan melakukan peningkatan bisnis.
    Bekerja dengan cara yang lebih efisien karena semua proses akan selaras dan dipahami oleh semua orang di bisnis atau organisasi. Hal ini meningkatkan produktivitas dan efisiensi, sehingga menyebabkan biaya produksi menjadi turun.
    Memenuhi hukum yang diberlakukan dan persyaratan peraturan.
    Memperluas pasar baru, karena beberapa sektor dan klien memerlukan ISO 9001 sebelum melakukan bisnis.
    Mengidentifikasi dan mengatasi risiko terkait dengan organisasi.

ISO 9001 dibangun di atas tujuh prinsip manajemen mutu. Prinsip ini akan memastikan organisasi atau bisnis untuk secara konsisten menciptakan nilai bagi pelanggan. Dengan tujuh pilar ini maka melaksanakan sistem manajemen mutu akan lebih mudah.

Tujuh prinsip manajemen mutu adalah:

     1.      Fokus pelanggan.
     2.      Kepemimpinan.
     3.      Keterlibatan orang.
     4.      Pendekatan proses.
     5.      Peningkatan.
     6.      Pengambilan keputusan berdasarkan bukti.
     7.      Hubungan manajemen.

Bagaimana ISO 9001:2015 terstruktur?

ISO 9001: 2015 (versi terbaru) terdiri dari sejumlah bagian yang berbeda, masing-masing berkonsentrasi pada persyaratan yang terlibat dalam berbagai aspek dari sistem manajemen mutu.
•     Klausul 0-3 - Pendahuluan dan ruang lingkup standar
•     Klausul 4 - Konteks organisasi
•     Klausul 5 - Kepemimpinan
•     Klausul 6 - Perencanaan
•     Klausul 7 - Dukungan
•     Klausul 8 - Operasi
•     Klausul 9 - Evaluasi kinerja
•     Klausul 10 – Perbaikan

Bagaimana saya bisa mendapatkan sertifikasi ISO?

Langkah pertama yang diambil yaitu mengevaluasi apakah sertifikasi cocok untuk organisasi. meskipun dengan sertifikasi mampu meyakinkan pelanggan bahwa produk dan layanan yang sesuai dengan harapan mereka. Di beberapa kasus, sertifikat menjadi prasyarat untuk bekerja sama dengan klien tertentu.

Jika organisai hanya ingin sekedar mendapatkan sertifikasi langkahnya adalah menentukan lembaga sertifikasi untuk melakukan sertifikasi. Dengan demikian, Anda harus:
   Mengevaluasi beberapa badan sertifikasi.
   Periksa apakah lembaga sertifikasi menggunakan standar penilaian sesuai standar ISO yang memiliki sejumlah standar terkait dengan proses sertifikasi. ISO / IEC TS 17021-3: 2013 mengatur tentang persyaratan bagi lembaga untuk menyediakan audit dan sertifikasi untuk sistem manajemen mutu.


Untuk konsultasi dan sertifikasi silahkan klik link berikut http://isokonsultindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar