ISO 9001 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu yang membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Apa manfaat ISO 9001 bagi bisnis atau
organisasi ?
Menerapkan
sistem manajemen mutu akan membantu Anda:
• Menilai
konteks keseluruhan organisasi untuk menentukan siapa yang berpengaruh terhadap
pekerjaan dan apa yang mereka harapkan dari perusahaan. Hal ini akan
memungkinkan untuk mengidentifikasi bisnis baru atau sebuah peluang.
• Secara
konsisten memenuhi kebutuhan dan bahkan melebihi dari apa yang diharapkan oleh
pelanggan. Hal ini menjadi sebab organisasi mendapat pelanggan baru dan melakukan
peningkatan bisnis.
• Bekerja
dengan cara yang lebih efisien karena semua proses akan selaras dan dipahami
oleh semua orang di bisnis atau organisasi. Hal ini meningkatkan produktivitas
dan efisiensi, sehingga menyebabkan biaya produksi menjadi turun.
• Memenuhi
hukum yang diberlakukan dan persyaratan peraturan.
• Memperluas
pasar baru, karena beberapa sektor dan klien memerlukan ISO 9001 sebelum
melakukan bisnis.
• Mengidentifikasi
dan mengatasi risiko terkait dengan organisasi.
ISO 9001 dibangun di atas tujuh prinsip
manajemen mutu. Prinsip ini akan memastikan organisasi atau bisnis untuk secara
konsisten menciptakan nilai bagi pelanggan. Dengan tujuh pilar ini maka melaksanakan
sistem manajemen mutu akan lebih mudah.
Tujuh prinsip manajemen mutu
adalah:
1. Fokus
pelanggan.
2.
Kepemimpinan.
3.
Keterlibatan
orang.
4.
Pendekatan
proses.
5.
Peningkatan.
6.
Pengambilan
keputusan berdasarkan bukti.
7.
Hubungan
manajemen.
Bagaimana ISO 9001:2015 terstruktur?
ISO
9001: 2015 (versi terbaru) terdiri dari sejumlah bagian yang berbeda,
masing-masing berkonsentrasi pada persyaratan yang terlibat dalam berbagai aspek
dari sistem manajemen mutu.
• Klausul
0-3 - Pendahuluan dan ruang lingkup standar
• Klausul
4 - Konteks organisasi
• Klausul
5 - Kepemimpinan
• Klausul
6 - Perencanaan
• Klausul
7 - Dukungan
• Klausul
8 - Operasi
• Klausul
9 - Evaluasi kinerja
• Klausul
10 – Perbaikan
Bagaimana saya bisa mendapatkan
sertifikasi ISO?
Langkah
pertama yang diambil yaitu mengevaluasi apakah sertifikasi cocok untuk
organisasi. meskipun dengan sertifikasi mampu meyakinkan pelanggan bahwa produk
dan layanan yang sesuai dengan harapan mereka. Di beberapa kasus, sertifikat
menjadi prasyarat untuk bekerja sama dengan klien tertentu.
Jika
organisai hanya ingin sekedar mendapatkan sertifikasi langkahnya adalah menentukan
lembaga sertifikasi untuk melakukan sertifikasi. Dengan demikian, Anda harus:
• Mengevaluasi
beberapa badan sertifikasi.
• Periksa
apakah lembaga sertifikasi menggunakan standar penilaian sesuai standar ISO yang
memiliki sejumlah standar terkait dengan proses sertifikasi. ISO / IEC TS
17021-3: 2013 mengatur tentang persyaratan bagi lembaga untuk menyediakan audit
dan sertifikasi untuk sistem manajemen mutu.
Untuk konsultasi
dan sertifikasi silahkan klik link berikut http://isokonsultindo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar